Pengolahan Sampah Plastik, Dari Sampah Sampai Menjadi Pellet

Semakin banyaknya pertanyan mengenai detail pengolahan sampah plastik, baik melalui telepon maupun email, kami sampaikan sebagai berikut:

Mesin yang selama ini menjadi fokus kami adalah mesin crusher plastik atau mesin penggiling plastik atau mesin penghancur sampah plastik atau mesin pencacah plastik. mesin tersebut merupakan mesin penghancur, sekaligus terjadi proses pembersihan dan hasilnya adalah ‘biji'(potongan plastik kecil sesuai jenis bahan). Mesin tersebut mencakup : mesin crusher, pisau crusher dan mesin/motor penggerak.

Proses yang terjadi / langkah-langkah yang dilakukan, yaitu:

  • pengelompokan jenis plastik kantong/kresek atau botol, pengelompokan dilakukan secara manual oleh petugas sortir. kita juga bisa membeli bahan yg sudah disortir dengan harga bahan yg lebih mahal.
  • setelah ada hasil pengelompokan, plastik dimasukkan ke dalam mesin yg sudah dinyalakan dulu dengan mengaktifkan mesin motor diesel yg dikaitkan dengan mesin penggilingnya. diperlukan petugas untuk memasukkan bahan plastik ke mesin. pada proses ini bagian atas mesin terdapat corong untuk memasukkan air + deterjen sebagai sarana pencucian plastik tahap pertama. selain terjadi proses pencucian, plastik mengalami pencacahan/penggilingan sehingga ukuran menjadi lebih kecil
  • di dalam mesin terdapat saringan, sehingga bila ukuran plastik yg hancur sudah sesuai lubang saringan, akan keluar sbg hasil (‘biji’ plastik)
  • hasil yg keluar dari mesin tersebut dicuci kembali (pencucian tahap 2), sehingga hasilnya benar2 bersih dari tanah yg menempel.

untuk pembuangan limbah dilakukan lewat aliran air yg dekat dengan tempat pengolahan tersebut (bisa berupa selokan dg aliran yg lancar, sungai kecil lebih baik), limbah tidak berbahaya, karena hanya membuang air bekas cucian + detergen.

kami memproduksi mesin crusher dengan harga sebagai berikut:
http://mastermesin.wordpress.com/2009/08/22/harga-terbaru-mesin-crusher/

HARGA AKAN NAIK PADA TAHUN 2010!!!

Proses berikutnya adalah pengeringan hasil dari mesin crusher.
hasil/biji plastik tsb dikeringkan dengan menggunakan mesin atau secara alami.

  • untuk pengeringan secara alami bisa menggunakan cahaya matahari.
  • untuk mesin yg lebih murah bisa menggunakan mesin sentrifugal (mesin khusus atau bisa juga pakai mesin cuci bekas)
  • untuk pengeringan yg lebih cepat menggunakan alat press manual + oven pengering.

Setelah proses pengeringan hasil olahan plastik,potongan plastik kecil yg sudah kering tersebut dapat dijual kepada pihak pengumpul hasil crusher atau langsung pabrik (yg sudah memiliki mesin pellet) seperti pabrik mainan plastik, pabrik alat-alat rumah tangga dengan bahan plastik dan lain-lain.

Proses pengolahan plastik pada mesin pellete adalah sebagai berikut:

  • hasil dari crusher yg sudah kering dimasukkan secara manual oleh petugas ke dalam mesin pellet, di dalam mesin terdapat element panas untuk ‘membakar’ plastik agar menjadi lebih cair/ berbentuk gel,
  • terdapat perangkat sekru (screw), yg berfungsi untuk menjadikan plastik yg telah menjadi gel tersebut menjadi ‘mie’ plastik. terjadi proses pembuatan mie dalam 2 tahap yaitu yg plastiknya bersumber dari petugas dilanjutkan yg bersumber dari mesin (proses ini dilakukan agar menghasilkan output mie plastik yg stabil) yang kemudian dilakukan pendinginan untuk dipotong dengan mesin pemotong sehingga dihasilkan biji/pellete plastiknya sebesar biji padi/beras.

Harga mesin pellet import dengan diameter screw 100mm (10 cm) adalah USD 55.000 (lima puluh lima ribu dollar amerika serikat). Untuk mesin pellet dengan diameter screw yang lebih besar harga lebih mahal. Namun apabila memesan mesin yang kami produksi, harga hanya Rp. 375juta.

Untuk memastikan lokasi pengerjaan mesin, bisa mendatangi ke lokasi kami di Bukit Permata Cimahi D2-3 Cilame Ngamprah Bandung Barat. (silakan konfirmasi terlebih dahulu)

Catatan:
untuk memulai usaha ini yg perlu dipersiapkan adalah tempat pengolahan sampah plastik yg dekat dg aliran air, serta tempat untuk pemasaran hasil.

About these ads

86 thoughts on “Pengolahan Sampah Plastik, Dari Sampah Sampai Menjadi Pellet

    • untuk pemesanan barang dilakukan dengan transfer/cash uang muka sebanyak 50%, sisanya setelah mesin jadi. bisa diambil sendiri atau dikirim (ada ongkos kirim untuk luar bandung). kami tidak men-stock mesin,untuk pengerjaan memerlukan waktu pengerjaan +/- 2 minggu. tks

  1. salam kenal,
    sy awam skali dengan bisnis ini, makanya sy ingin informasi lebih banyak lagi baik pengolahan/produksi biji plastik sampe alur pemasarannya. kpd temen2 ada yg bisa bantu ngak ya?

    • kami membuat beberapa artikel yg menjelaskan hal tersebut…, namun jika belum jelas bisa mengunjungi lokasi workshop kami (alamat di halaman order produk). tks

      • salam kenal..
        dimana kami bisa mendapatkan artikel tentang mesin ini pak?
        saya ingin tau lebih banyak tentang mesin ini..
        terimakasih..

  2. maaf pak saya tanya tipe yg paling kecil (HY250)yang harga nya 10 juta apakah itu mesin Pelleet atau mesin pencacah plastik ????? terima kasih sebelum nya pak kebetulan lokasi saya dekat sekali dengan Bukit permata Cimahi

    • yg HY250 itu mesin pencacah plastik bukan mesin pellet,
      mesin pellet produk impor harganya USD 55.000, atau sekitar 500jt. namun jika ada pemesanan kami siap dengan harga yg lebih murah. :-)

  3. salam kenal pak, saya mohon informasi untuk wilayah Palembang dan sekitarnya sdh ada yg pesan belum mesin ini.
    Pertimbangannya kalo sdh ada berarti bahan baku sampah plastik pasti terbagi ke Pabrik pengolhan yg sdh ada.

    mhn infonya, dalam waktu dekat saya ada keinginan melihat workshop bpk di Bandung.

    Salam Sejahtera,
    R. Hamdi Madly

    • salam kenal juga Pak Hamdi, kalau dari Palembang yg order ke kami belum ada Pak…, jika ada berarti order mesinnya ke produsen lain. Memang perlu dilakukan ‘survey’ untuk mengetahui berapa banyak yg sudah memulai usaha ini di Palembang. Setahu kami untuk diluar P. Jawa pemain bisnis ini belum banyak. Masih banyak dari kita yg kurang peduli dengan sampah yg justru merupakan lahan bisnis (plastik, kertas, organik dll).

      kami tunggu kunjungannya Pak Hamdi, silakan konfirmasi untuk pengaturan jadwalnya.

  4. kalau saya mau produksi dari sampah menjadi biji dan samapi pellet, berapa luar lahan yang saya butuhkan. Kalau saya membeli mesin dari perusahaan bapak, apakah ada after sales servicenya? bagaimana dengan ketersedian sparepart nya? lokasi saya di Bogor.

    Andy

    • pak Andy..ysh,
      sebelum dikirim mesin kita test dulu di lokasi. kami perbaiki jika ada yg kurang pas (hal tsb berlaku selama masa garansi). jika dluar hal tsb, kami bantu perbaikan dengan biaya dari konsumen. hal tsb berlaku untuk mesin crusher saja, (tdk berlaku untuk motor penggerak). ketersediaan spare part (pisau, bearing, v-belt) kami siap support untuk pemenuhannya. demikian disampaikan.

  5. mohon bantuanya :saya baru mau memulai bisinis ini akan tetapi masih binggung dengan mesin yg mau d beli.

    brati untuk mongolah sampah plastik diperlukan 2 mesin yaitu mesin crusher dan mesin pellet plastik…

    • pak Herry ysh, hal tsb tergantung hasil /produk yg akan kita jual pak, tidak harus ke dua mesin tersebut.
      jika sampai mesin crusher saja, yg dihasilkan berarti potongan plastik yg sudah bersih.
      jika sampai mesin pellet, berarti yg dijual biji plastik yg berbentuk mirip beras.

      masing2 punya pasar tersendiri. kalau yg kami lebih ketahui adalah pemasaran untuk hasil dari crusher. tks

  6. Dear pak,

    Saat ini saya selaku pengepul limbah. Saya tertarik dengan mesin crusher. Bisa kirim spec dari mesin tersebut dan pemasaran dari crushernya.
    Apakah kami bisa di training dari proses awal dan kebutuhannya sampai jadi potongan plastik?
    Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

    Best Regards,
    adam

  7. Pingback: Tata Letak Mesin Crusher dan Pencucian Hasilnya « Master Mesin

  8. salam kenal pak..
    saya ingin melihat hasil potongan plastik yang sudah bersih, bisa tidak pak diberi contoh gambar hasil potongan dari mesin crusher dan mesin pelet plastik?. Dan juga kemana pemasaran hasil dari mein crusher pak? Terima kasih.

  9. saya benar2 awam dalam bisnis ini, akan tetapi sayapun sangat tertarik untuk mencobanya. bisakah saya mendapatkan penjelasan singkat tentang feasibility dari bisnis ini ? misalnya untuk mesin crusher, kira2 dengan modal berapa dan hasilnya berapa ? dan kemana kita bisa menjual hasil akhir dari mesin crusher itu ?
    mohon maklum, karena saya tidak punya modal yang cukup besar, sehingga

  10. Selamat Sore Pak Ismail, saya ada rencana mau membuka usaha penggilingan plastik. Yang mau saya tanyakan adalah :
    1. Untuk Luas lahan yg dibutuhkan berapa ?
    2. Saat ini saya akan menyewa lahan dengan luas Lebar 15 dan panjang 45, dan ada
    bangunan rumah pada sisi kiri depan. apakah bisa ?
    3. Untuk Pemula seperti saya, mesin seperti apa yg saya butuhkan ?
    4. Apakah mesin tersebut suaranya harus keras ? apakah tidak bisa dikecilkan ?

    Terima kasih atas bantuannya

    Yogi PRabowo

    • Pak Yogi ysh,
      1-2. bisa Pak. gambar yg kami tampilkan tentang tata letak ukurannya lebih kecil dari ukuran tsb
      3. mesin crusher. tipe HY250 s.d HY500
      4. suara keras terutama bersumber dari motornya Pak.., jadi tidak memungkinkan untuk kami setting agar lebih kecil suaranya.

      demikian disampaikan. tks atas kunjungannya…

  11. salam knal pak…saya dah 2 bulan bisnis plastik cacahan…trus terang saya kaget dgn harga mesin crusher bpk krn hrga mesin yg saya beli lbih mahal dan srg ngadat…slma ini saya buta ttg harga pasar lmbah tp dari bbrp kali penjualannya cenderung menurun….yang mau saya tanya adalah :
    1. dimana saya bs mencari tau harga plastik cacahan yg sdg b’laku?
    2. gmn cara memaksimalkan hasil produksi,maksud apa aja sabun yg bs saya pake agar plastik cacahan saya bnr2 bersih?
    3. saya mhon info dari bapak ttg nama dan alamat pabrik yg b’lokasi di jabotabek yg bs menerima plastik cacahan saya
    4. trs trang slma ini saya mrsa dipermainkan oleh pabrik,saya dah 5x mengirim brang ke pabrik,pd penjualan 1,2 & 3 ga ada mslah,pd p’jualan ke-4 saya mngirim brg yg mutunya jauh lbih baik (hal ini diakui pabrik) tp harganya ttap spt pd p’jualan 1,2,3 tnpa ada p’jelasan,ktika saya m’jual utk ke-5x mutunya saya kmbalikan spt pd p’jualan 1,2 & 3 tp harganya mlah trun dgn p’timbangan pd mutu p’jualan ke-4,saya mrsa kecewa,mnrut bpk gmn cara m’atasi hal tsb…saya bkannya ga mau mningkatkan mutu dgn cara memperbanyak sabu tp klu harganya ttap tnpa ada p’jelasan yg msuk logika utk apa?
    saya mhon bantuan dari bpk kiranya sudi m’beri info kpd saya.
    jika bpk b’kenan m’bantu,saya sgt memohon kiranya bpk sudi m’hub saya via sms agar saya tau ke nmr brp saya bs m’hub bpk.
    nmr hp saya 081361638058,saya sgt m’harapkan kabar dari bpk…utk smua ksdiaan t’lbih dl saya ucapkan trimakasih

    • Salam juga pak Viktor, mesin yg kami produksi relatif lebih murah di banding pasaran karena produksi sendiri, produk import lebih mahal :-)
      1. Bpk bisa gabung di group facebook yang berhubungan dengan daur ulang sampah plastik
      2. efektifitas mesin tergantung desain mesinnya. kebersihan plastik juga tergantung pada ukuran hasil cacahan, semakin kecil akan semakin bersih.
      3. ada di group facebook tersebut Pak..
      4. perlu relasi tambahan yg bisa menampung hasilnya pak…, agar harga tidak dimonopoli penampung…, no hp saya ada di website ini juga (bagian order produk)

      terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf jika balasan terlalu lama.

  12. Selamat malam,sama spt comment”di atas,saya ingin memulai usaha recycle limbah plastik dan membutuhkan penjelasan lbh lanjut mengenai mesin yang di butuhkan dan pemasaran hasil recycle,apakah tidak ada harga discount utk mesin”nya?terutama mesin pellet/biji plastik?harap di balas per email,terima kasih.

  13. om saya pernah baca artikelnya om tentang analisa bisnis plastik ini. bisa minta dikirimkan ke email saya gak om artikel itu saya pengen main di plastik nih emailkan ke r_c_rindani@yahoo.com yah
    analisa alat pengelolaan sampe keuntungannya om. makasih sebelumnya yah utk bahan pertimbangan apakah prospek kalo invest beli alat sama om he he maklum newbie

  14. Assalamualaikum..
    Salam kenal pak Harun. saya tertarik menggeluti bisnis recycle sampah plastik.
    Kalau boleh, sy tlong diberi info mengenai:
    – proses pengolahan biji plastik dan mesin – apa saja yang diperlukan.
    – Ukuran/type mesin yang dibutuhkan
    – modal awal yg harus disiapkan berapa dan
    – Pemasarannya kemana.
    Tolong balas ke E-mail saya. prof.irham@yahoo.com
    terima kasih pak Harun.

  15. selamat siang,
    Pak boleh tanya kalau mau menjual hasil potongan kontong platik (cacahan kecil) kemana Pak, dan harga jual kira-kira berapa.
    terima kasih infonya.
    Salam,
    CH

  16. selamat malam,

    saya ingin tahu info lebih tentang pemasarannya dan juga perkiraan Break even pointnya berapa lama yah? kalau boleh minta info harganya juga.. tolong di kirim ke email saya.

    terima kasih.

  17. selamat siang,
    Saya dari balikpapan mau bertanya Pak kalau mau menjual hasil potongan kontong platik (cacahan kecil) kemana Pak terutama di daerah saya di balikpapan dan harga jual kira-kira berapa.
    terima kasih infonya.

    Salam,

    • pak Fachrudy, untuk update info harga terbaru juga penampung hasil olahan, lebih baik mengikuti grup di facebook terkait topik tersebut, kalo info saya tuliskan disini, khawatair kurang up to date. tks atas kunjungannya.

      salam go green.

  18. Pingback: F.A.Q « Master Mesin

  19. salam kenal untuk semua, saya sangat tertarik dengan tulisan mengenai pengolahan sampah plastik ini namun ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan antara lain adakah pelatihan mengenai pengenalan jenis plastik di jakarta seperti PE PET HDPE dan lain2 minimal pada istilah yg sudah lumrah dikenal dikalangan pengumpul seperti istilah botol mainan dll thanks atas infonya

    • bisa di googling bos.., banyak artikel yg membahas tentang contoh PE, PET, HDPE dll…
      salam googling dan go green… :D

  20. Yth pembaca,

    Untuk yg berdomisili di Jawa,
    Harap hati-hati dengan bisnis Daur Ulang Plastik.
    Duitnya tidak sebanyak plastiknya, Duitnya tidak semeriah barangnya,
    Kalau anda tidak ingin menyesal nantinya,
    pelajari dulu dengan baik dan teliti.

    Salam
    Seno

    • terima kasih atas sharingnya. memang usaha ini tidak serta merta menjanjikan, perlu dipelajari seluk beluknya mulai pasokan bahan baku hingga pemasaran.
      saya kira itu berlaku untuk hampir semua bisnis dan usaha. salam go green

  21. Selamat siang.
    Saya tertarik dengan mesin crusher dan mesin pellet harga dan kapasitas brp? Untuk pemasaran ke daerah mana saja ya pak. Saya berdomisili di jawa timur.

    • Dh, mesin crusher harga mulai 10.5jt pak, untuk mesin pellete, harga mulai 405jt, untuk thn 2011 akan ada perubahan harga. tks atas kunjungannya. salam go green

  22. Selamat sore,
    Saya tertarik untuk mengetahui lebih mendalam tentang mesnin crusher bapak, tapi yang saya butuhkan adalah dengan kapasitas yang lebih besar. Saya mau menggunakan untuk Pabrik, untuk pengolahan kembali produk kami yang cacat. Untuk bapak ketahui produkyang mau di daur ulang itu dengan berat 1.5 – 3 kg – dengan besar kira2 30×30 cm
    Mohon informasi apakah bapak pernah memuat mesin ini? dan harganya kira2 berapa? (harga sampai ditempat/Batam)
    Terimakasih dan saya tunggu informsinya di email saya

    • Pak Yusrizal ysh, mohon info, bahan yg akan di crusher apa ya? kami membutuhkan info tsb untuk mengetahui kekerasan bahan, sehingga kami menawarkan mesin sesuai kebutuhan tsb. tks atas kunjungannya.

  23. saya berdomosili di brebes pak… saya tertarik dengan pengolahan limbah sampah.. yg saya tanyakan kemana saya harus memasarkan hasil olahnya klo di daerah brebes…? saya masih bngung memasarkan nya pak.. terimakasih”

    • untuk penjualan hasil bisa mengikuti grpoup di facebook tentang daur ulang sampah plastik…. disitu banyak yg share antara penjual dan pembeli…
      tks atas kunjungannya.

  24. Assalamualaikum..
    Salam kenal, saya tinggal di Manokwari, papua barat. Saya melihat peluang bisnis pengolahan sampah plastik disini sangat menjanjikan, tetapi karena modal kami yang terbatas mungkin akan kami mulai dari crusher dulu. Untuk itu saya mohon info mengenai:
    – Sudah adakah pengusaha di daerah saya yang memulai bisnis ini?
    – detail proses pengolahan biji plastik dan pengelompokan jenis-jenis plastik menurut pasar
    – Harga mesin crusher yang paling kecil sampai yang berukuran medium
    – Rencana anggaran biaya dan analisis margin
    – modal awal yg harus disiapkan berapa
    – Harga pasaran produk
    – Pemasaran produk (crusher) yang terdekat dengan daerah saya kemana?
    Demikian Pak, yang perlu saya ketahui, saya tunggu infonya melalui email saya. Terimakasih atas tanggapannya

    • DH, terus terang kami belum mengetahui hal tsb, sejauh ini yg mengikuti group di fb belum ada yg bergabung dari Manokwari. sebenarnya satu peluang tersendiri jika bisa masuk sebagai pelopor.
      proses pengolahan sudah kami share dalam artikel kami sebelumnya, bisa di search dalam beberapa artikel. jenis2 juga kami tampilkan, gambar2 contohnya bisa dicari juga di google.
      harga mulai 10.5jt dengan kapasitas sd 500kg/hari 8 jam. berikutnya 16.5jt, 25 jt, dst sesuai spek dan kapasitasnya
      analisa kelayakan juga ada dalam artikel kami, bisa dilihat juga di FAQ

      hal-hal lain bisa kita diskusikan lebih lanjut. tks atas kunjungannya.

  25. selamat malam
    saya akan memulai bisnis pengolahan sampah di kalimantan tengah
    1. mohon petunjuk mengenai cara pengelolahan sampah mulai dari limbah sampah sampah siap jual
    2. biaya pengiriman HY 300 sampai ke sampit kalimantan tengah
    3. dan berapa hari barang sampai terhitung mulai pemesanan

    salam go green

  26. Selamat malam Pak, kami sangat tertarik untuk bisnis biji plastik ini, mohon informasi apakah untuk daerah Lampung sudah banyak pelaku bisnis ini.

    Terima kasih

  27. Selamat pagi pak,..
    saya berniat membuka usaha pengolahan plastik bekas, untuk mesin chruser informasi yang Anda sediakan sudah cukup jelas..
    yang mau saya tanyakan adalah mengenai mesin pembuat pelet plastik,..
    – berapa harganya ?
    – spesifikasinya seperti apa ?
    kalau yang disebutkan di artikel bapak harganya sekitar 375 juta, itu mesinnya seperti apa pak ? apa tidak ada pilihan yang lain ?

    Terima kasih

  28. selamat malam pak,
    saya kurnia kebetulan saya sudah jadi pengepul selama 2 bulan dan kedepannya ada rencana untuk mencacah sendiri plastik” tsb,dan saya juga sudah mengerti jenis” plastiknya.yang menjadi pertanyaan saya,ketika akan melakukan penghancuran plastik tsb apakah harus satu warna atau satu type /jenis plastiknya?tanpa melihat warna(campur).kalau tidak keberatan saya tunggu jawabannya via email ke kurnia_tn@yahoo.co.id
    terima kasih
    t.kurnia

    • iya sebaiknya di pisah berdasarkan jenis dan warna plastiknya, sebab penampung hasil cacahan seringkali mensyaratkan hal tsb unt.uk bisa dibeli.

      salam go green.
      tks atas kunjungannya

  29. Selamat malam Pak,

    Saya mau bertanya tentang mesin crusher kaca, berapa harganya, kapasitasnya, dan kemana memasarkan hasil crushernya, karena say amsih buta tentang bisnis ini.
    Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak. Aidil di Riau, Hp 0812 77556899.
    Nb. tolong di balas secptnya.

    Sukses Selalu

    • crusher kaca harga mulai 14, kapasitas 100-200 kg /jam… untuk memasarkan hasil silakan mengikuti grup di facebook mengenai daur ulang sampah…

      tks
      salam go green

  30. slm kenal pak, td saya baru datang dari malang, mencari informasi daur ulang sampah plastik namun belum lengkap info yang kita dapat tentang mesin pembuat biji plastik, mohon infonya mesin apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan biji plastik trims.

    • dh,
      dalam artikel tsb sudah dijelaskan mengenai mesin yg terkait… jika ada yg kurang jelas silakan mampir ke 081332517979.

      tks
      salam go green.

  31. salam kenal pak..saya awam di bisnis ini…
    Saya domisili di kalimantan tengah, mau tanya
    1. apa sudah pernah ada order mesin cruser di daerah kalteng ?
    2. apa bapak menerima hasil cacahan dari saya dengan mesin yang dibeli dr bapak ?
    3. biaya kirim dari kalimantan ke jawa (jakarta) lumayan memperbesar cost produksi, apa ada solusi untuk menjual produk cacahan ?

    terima kasih

    noga
    085349829682

    • DH,
      1. kami pernah mendapat order dari perusahaan perkebunan sawit di Sampit. crusher digunakan untuk mencacah kemasan /botol plastik bekas pupuk. kemungkinan bukan digunakan untuk komersil, lebih digunakan untuk mengurangi alokasi tempat.
      2 kami tidak menampung hasil namun ada rekanan kami yg di bandung yg bisa menampung hasil.
      3. untuk hasil cacahan memang lebih disarankan dipasarkan di lokasi sekitar, (agar harga tetap kompetitif)

      tks
      salam go green
      harun

  32. lam kenal pak??
    tlong infokan harga mesin pengering cacahan plastiknya
    saya btuh sekali lagi musim hujan ney brangnya ga pda kering..trim

  33. Pak saya baru memulai usaha pengelolaan pencacahan plastik,nah untuk penjualan cacahan plastik tsbt kmn y pak?
Iwan dari kabupaten pemalang jateng

  34. Saya mau buka usaha penggilingan plastik dengan target produksi minimal 1ton perhari> mohon petunjuk apa mesin yang bagus (produktif, efektif dan biaya rendah), bagaimnana cara menghitung cost utk seluruh produksi? terima kasih> salam GO GREEN

  35. Ditawarkan unit pengolahan limbah plastik menjadi BBM dengan hasil setara Solar, minyak tanah dan premium..pengolahan sangat sederhana, dapat mengolah semua jenis limbah plastik tanpa sortir, cocok untuk skala rumah tangga ,UKM dan Industri..Harga mulai 12 Juta

    Info lebih lanjut

    Azis Indra Hardiawan
    085861849976

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s