Daur Ulang Sampah Plastik Bisnis yang Menjanjikan dan Ramah Lingkungan

Sampah plastik merupakan fenomena yang tidak dapat terhindarkan hampir disetiap penjuru lingkungan terdapat sampah plastik. Sampah plastik dari sektor pertanian saja setiap tahun mencapai 100 juta ton. Dengan jumlah sebanyak itu kita bisa membungkus bola bumi yang kita tinggali ini sepuluh kali lipat. benar-benar jumlah yang amat berlebihan mengingat angka di atas barulah sampah dari sektor pertanian saja.

Dan sampah plastik selama ini benar-benar hanya dilihat sebagai sampah semata. Hampir-hampir tidak ada yang bisa melihat sisi positif pada sampah plastik, bahkan pemulung pun enggan mengumpulkannya. Padahal sejatinya, sampah plastik ini bisa didaur ulang menjadi bahan baku pembuatan plastik. Permintaan terhadap bahan baku ini pun sangat besar sehingga pabrik pembuatan plastik sering kehabisan stok bahan baku.
Belum lagi kalau dilihat dari sisi penyerapan tenaga kerjanya. Dalam bisnis ini banyak pihak yang bisa terlibat di dalamnya. Misalnya pemulung, penampung, bandar sampah plastik bekas, maupun pemasok ke perusahaan daur ulang sampah plastik.

Di dalam perusahaan/pabrik daur ulang sampah plastik sendiri banyak menampung tenaga kerja dari mulai: tenaga sortir plastik, tenaga giling, tukang pres, tukang jemur, tenaga pengepakan/packing sampai staf administrasi dan keuangan, mereka semua mendapatkan upah yang cukup lumayan dan memadai untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Usaha daur ulang plastik, juga sangat berperan dalam membantu dan memelihara kebersihan lingkungan. Berbagai sampah plastik tersebut jika dibiarkan akan menjadi timbunan sampah, yang lama-kelamaan merupakan ancaman bencana yang berbahaya, seperti yang belum lama ini terjadi. Berbagai sampah plastik tersebut tidak dapat terurai sehingga tidak ramah atau berbahaya bagi lingkungan.Perspektif bisnis, sosial dan lingkungan inilah yang mendasari Ir Herman Sutirto, MSc mendirikan PLASSBEK, akronim dari dari PLAS-tik BEK-as.

Jenis usaha daur ulang sampah plastik merupakan salah satu usaha yang handal dan fleksibel, di mana d permintaan pasar terus meningkat, mengingat hampir semua perusahaan/pabrik biji/pellet plastik daur ulang plastik maupun produk – jadi (End Product) membutuhkan bahan baku plastik daur ulang yang cukup tinggi .
Bahkan pasar dari hasil daur ulang plastik ini bukan hanya di dalam negeri, karena pasar mancanegara justru banyak mencari bahan baku ini. Di pasar Internasional PET daur ulang memiliki nama PET Flakes/PET Regrind dengan size 10 mm. Pasar ekspor menyerap jauh lebih besar daripada pasar domestik. Negara yang banyak memanfaatkan PET Flakes adalah: Taiwan, India, Vietnam, Pakistan, RRC.

Tetapi pasar dalam negeri sendiri pun sampai saat ini masih kekurangan pasokan. Untuk pasar domestik, pada umumnya terbagi menjadi 2 kelompok plastik daur ulang, yaitu: kelompok film grade dan non-film grade seperti sampah plastik lembaran kemasan makanan (kantong gula, tepung, dan lain-lain), kantong belanja (kresek), kantong sampah, pembungkus tekstil, tas, garmen, pembungkus rokok, pembungkus baju/kaos, karung plastik, dan lain-lain. Untuk non-film grade ada botol air mineral, juice, saos, minyak goreng, kosmetik, shampoo, oli, tutup botol, krat botol, ember, mainan, tong sampah, container, pipa PVC, kabel listrik, selang air, plastik gelombang, dan lain-lain.

Semua pabrik plastik daur ulang (recycling) membutuhkan plastik-plastik bekas (sampah plastik) baik dari kelompok film grade (plastik daun) maupun dari non-film grade. Plastik-plastik tersebut sebagai bahan utama/campuran untuk diproses daur ulang menjadi biji/pellet plastik, sehingga dikenal dengan nama biji/pellet plastik daur ulang. Hal ini hanya untuk membedakan dengan biji plastik original (asli).
Karena biji plastik asli sebagian besar masih impor, sehingga harganya cukup mahal (tergantung dolar dan harga minyak dunia). Maka biji/pellet plastik daur ulang dapat menjadi suatu alternatif, dengan harga yang sangat kompetitif. Dan tentu saja bisnis ini sangat prospektif.

src : onlinebuku.com

About these ads

49 thoughts on “Daur Ulang Sampah Plastik Bisnis yang Menjanjikan dan Ramah Lingkungan

  1. apabila ada yang tertarik / berminat dengan wacana diatas bisa bekerja sama dengan kami bagaimana cara berwiraswasta tentang usaha daur ulang plastik, terima kasih. nmr hp. 081329616666

  2. saya tertarik dengan wacana ini. Dan ada teman yang sudah memulai mengerjakan bahan baku plastik daur ulang dari karung sak semen. mohon bantuan info untuk menambah wacana saya dalam hal membantu memasarkan bahan baku plastik daur ulang (karung) & mendapatkan pasokan bahan baku dari sisa karung pabrik semen.
    mohon dijawab lewat email.
    trima kasih

  3. saya tertarik dengan bisnis ini, dan kayanya untuk bahan baku saya yakin banyak tersedia di sekitar tempat tinggal saya, yang menjadi keragu-raguan saya adalah kemana kami menjual hasil olahan sampah yang kami hasilkan. mohon di jawab, Trima kasih

  4. kami di gresik pingin usaha daur ulang plastik apa ada bahan baku dari pabrik dan mesinya pakai yang berapa pk second harga pasar berapa harga per kg berapa apa ada rincian bermitra kami udah punya tempat dan sedikit bahan baku tank you

  5. untuk skala home industri mesin harga berapa&utk kapasitas produksi berapa kilo perhari,harga jual yang sudah diolah dijual ke pabrik per kilogram berapa?pabrik plastik apa saja yang mau membeli di jabotabek mohon informasinya termasuk nama pabriknya.jawab lewat email atou telp. 081388734863, 081807774001,(0283) 443305. firman, di tegal

  6. saya di malang, tertarik dengan bisnis ini, bagaimana memulainya? bagaimana cara mengoperasionalakannya? dimana beli mesinnya dan berapa harganya?
    di arahkan kemana hasilnya?
    maaf terlalu banyak tanya dan terima kasih!

    • pak herry,
      untuk memulai silakan mencari tempat yg cukup suplai air tp tdk mengganggu sekitar. pengolahan tdk mencemari tp suara cukup berisik :-)

      untuk mesin bisa membeli yg kami produksi (di bandung) dengan harga mulai 10juta-an. untuk hasil kami memiliki rekanan yg siap menampung. operasionalnya nanti bisa kami jelaskan dan apabila berminat kami juga punya rekanan yg berbisnis di bidang tersebut agar dapat melihat secara real kegiatannya.

      demikian disampaikan, terima kasih. salam go green!

  7. saya sangat tertarik dengan informasi ini, jujur saya minat dengan usaha ini tapi belum tahu pasti bagaimana memulai. Dari proses produksi, mesin hingga pemasaran. mohon penjelasan via email. Ditunggu terimakasih

    • Pak Bram,
      untk limbah/sampah sak semen, bisa dicari di group facebook…, karena kami fokus di mesin olah sampah plastik.

      tks
      harun

  8. saya tertarik dengan bisnis ini, tapi bagaimana memulainya? dimana bisa membeli mesinnya?
    berapa harganya?
    di arahkan kemana limbahnya?
    dan kemana kami menjual hasil olahan sampah yang kami hasilkan
    trims

    • pak Androe ysh,
      - untuk memulai silakan cari lokasi pengolahan yg tepat (cukup air, relatif dekat dengan bahan dan warga sekitar tidak keberatan dengan bisingnya yg mirip mesin giling padi)
      - mesin bisa membeli di kami, kami memproduksi sendiri (bukan produk import)
      - limbah dialirkan lewat aliran air/selokan/sungai
      - hasil bisa dijual melalui rekanan kami, atau bisa mencari penampung di group facebook daur ulang sampah plastik

      demikian, salam go green
      harun

  9. saya berada di kalimantan selatan. saya juga tertarik dengan bisnis ini, yaitu pengolahan plastik jenis PET apabila berkenan, apakah bisa saya minta penjelasan tentang bagaimana alur proses pengolahan, bahan dan alat yang diperlukan dan fungsinya, harga pemasaran dan tujuan pemasaran (analisa kelayakan bisnisnya). untuk order mesin ke kalsel, berapa ongkos kirimnya?
    Demikian dan terimakasih..

    • Bu Vini, pertanyaan tersebut ada di artikel kami sebelumnya, silakan di search sesuai kebutuhan informasinya. untuk harga pemasaran terbaru bisa mengikuti group di facebook tentang daur ulang sampah plastik. ke kal sel ongkos kirim sekitar 2-2.5 juta

      demikian disampaikan, salam go green. harun

  10. Saya tinggal di bandung. saya tertarik dengan bisnis ini, tapi bagaimana memulainya? dimana bisa membeli mesinnya?
    berapa harganya?
    trims

    • Pak Erfan ysh,
      untuk memlainya silakan cari lokasi yg cocok dengan bisnis tsb : dekat saluran air, relatif dekat stok bahan dan pemasaran hasil.
      mesin bisa dibeli di kantor kami, harga sangat bersing dan terjangkau. tipe HY250 hanya 10.5 juta. tks

      salam go green.

  11. thanks untk infonya.. kami tertarik dan punya niatan sama dgn yg post diatas.. hanya kami buta sekali dan berniat melihat langsung, apa ada administrasinya dan dmana letak nya..
    kami di banten.. mohon emailkan info lbh lanjut ttng ini ke email kami.. thanks
    salam go green..

    • pak Ahmad ysh,
      mohon maaf Pak.., yg dimaksud kritik saran dan masukannya untuk apa ya Pak…, sebab kami belum mengetahui secara rinci apa yg Bapak telah lakukan untuk bisnis tsb. tks

  12. pak mau tanya!!!
    saya ingin memulai usaha tersebut dan lokasi saya berada di sidoarjo tapi yang masih jadi kendala dalam pikiran saya untuk menjual hasil olahan sampahnya?
    Trim’s

    • untuk menjual hasil olahan, di facebook ada komunitas tersebut Pak Septian, silakan gabung ke group tsb. salam go green.

  13. anwarusy syamsi :
    saya tertarik dengan bisnis ini, tapi bagaimana memulainya? dimana bisa membeli mesinnya?
    berapa harganya?
    di arahkan kemana limbahnya?
    trims

    untuk pemula dana minimum yang disiapkan berapa?

    • mohon maaf pak hendry kami kurang mengetahui hal tsb, namun jika membutuhkan info tersebut bisa mengikuti salah satu group daur ulang sampah plastik di facebook. tks salam go green.

    • pak Tedjo ysh,
      harga mesin ada infonya di salah satu artikel kami, silakan di search harga terbaru. untuk penjualan bisa survey dulu mengikuti group daur ulang sampah plastik di facebook. tks, salam go green.

  14. saya sangat tertarik dengan informasi ini, jujur saya minat dengan usaha ini tapi belum tahu pasti bagaimana memulai. Dari proses produksi, mesin hingga pemasaran. mohon penjelasan via email. Ditunggu terimakasih

  15. Sy sangat tertarik dengan usaha ni, tp masih nol pengetahuan. Bisa dikasih gambaran proses,peralatan, peluangnya? terima kasih.

  16. saya daur ulang plastik sak semen…. untuk plastik apakah bisa menjual plastik tersebut trims , dan minta tolong penjelasan tgg usaha bp tersebut trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s